Home » , , , » 6 Cara Yang Harus Dilakukan Ketika Smartphone Mati Total

6 Cara Yang Harus Dilakukan Ketika Smartphone Mati Total

6 Cara Yang Harus Dilakukan Ketika Smartphone Mati Total
source:cintatekno.com
Semakin tinggi kecanggihan teknologi,maka semakin besar pula resiko dan masalah yang dimiliki. Hal itu tidak terkecuali dengan teknologi jaman sekarang,sebut saja gadget dan komputer,kenapa Jalin hanya sebut dua item ini? karena merekalah penyumbang terbesar perubahan teknologi dalam kehidupan sekarang,bisa dibuktikan dengan banyaknya pengguna smartphone maupun komputer,dapat diambil rata-rata kalau setiap orang bisa memiliki 2 smartphone dan 1 laptop,Wow!

Kembali ke awal topik, dengan kecanggihan teknologi masa kini,ada juga resiko yang siap dihadapi, Jalin akan membahas resiko yang siap dihadapi yaitu Smartphone yang mengalami mati total. Jika kalian sudah pernah mengalaminya, pasti akan kebingungan karena tiba-tiba smartphone tidak bisa digunakan sama sekali, ada yang sebelumnya sudah mengalami masalah sebelumnya dan hanya diabaikan saja,ada juga yang tidak ada masalah apa-apa langsung mati total. 

Untuk itu sebelum kalian menjadi panik, Jalin berikan beberapa tips dan trik cara yang dilakukan apabila smartphone kalian benar-benar mati total,simak ulasan berikut ini :




6 Cara Yang Harus Dilakukan Ketika Smartphone Mati Total

1. Smartphone Hidup Tetapi Layar Tidak Menyala


Sikap pertama jika mengalami hal ini,kebanyakan orang akan langsung panik dan asal menekan berkali-kali tanpa kontrol layar sampai tombol fisik dari smartphone tersebut,padahal sebelumnya tidak mengalami kenapa-kenapa.

Kalau sudah begitu,kalian bisa mencoba tips pertama dengan menekan tombol power yang lama,kenapa harus dilakukan? Karena dengan menekan tombol power secara lama secara langsung akan memaksa sistem untuk mati dan akan dilakukan reboot kembali,agar nantinya dapat menyala kembali seperti sedia kala,hal itu bisa saja dikarenakan layar tidak merespon visual dari tangan kita karena mengalami Hang sesaat bahkan lama.

Untuk memastikannya adalah bisa mengecek getaran yang ditimbulkan atau suara awal yang biasa kalian dengar saat smartphone baru dinyalakan dan tunggu sampai muncul logo dari smartphone kalian,jika itu terjadi maka kalian tidak perlu panik kembali karena dipastikan sudah dapat digunakan,namun jika tidak,segerakan untuk membawa smartphone ke tempat service agar dapat diperbaiki.


2. Apabila Terkena Air

Ketika kalian minum dan meletakan gelasnya ditempat yang dekat smartphone,lalu secara tidak sengaja menyenggol gelas tersebut sehingga smartphone kalian terkena tumpahan air tersebut,atau jika sedang bermain smartphone yang dekat dengan air,lalu tiba-tiba terjatuh dan selama beberapa smartphone kalian terendam yang menyebabkan tidak berfungsinya walaupun sudah ditekan tombol fisik berkali-kali. Hal ini dikarenakan perangkat yang terjatuh di air tadi menjadi bermasalah bagian hardware dan layarnya.

Jika sudah begitu,langkah pertolongan yang sebaiknya dilakukan jangan langsung tiba-tiba menyalakan smartphone,selain hal itu kemungkinan berhasilnya kecil,bisa saja sisa air tadi masuk kedalam komponen smartphone dan menyebabkan korslet kecil di bagian inti smartphone. Lebih baik dengan keringkan selama beberapa waktu sampai dirasa benar-benar kering,bisa digunakan hair dryer, lalu memasukkan smarpthone di tumpukan beras yang ternyata ampuh untuk menyerap sisa-sisa air, untuk 2 cara ini Jalin lebih manjur dengan cara terakhir karena sudah membuktikan sendiri.


3. Perika Kondisi Charger 

Untuk yang satu ini, Jalin sempatkan untuk browsing dan banyak berita dengan kejadian kalau smartphone bisa mati total karena diakibatkan oleh perangkat charger yang telah rusak. Ambil contoh ketika smartphone kalian mengalami lowbat yang menyebabkan smartphone tersebut mati kehabisan daya baterai. Lalu ketika dicharge dan ditinggalkan dengan tujuan waktu kembali sudah full charger,padahal belum tentu charger yang sudah kalian colokkan belum terpasang dengan baik.

Selain itu,bukan itu saja faktornya,terkadang bukan dari kepala charger yang mengalami kerusakan, tetapi banyak yang mengalami kerusakan di bagian kabel chargernya. Bisa kalian coba jika waktu proses charging baterai tidak kunjung berisi,bahkan tidak ada notifikasi bahwa dalam proses charging,sudah kamu goyang-goyang dan kadang masuk dan kadang juga tidak,kalau sudah begitu cabut saja charger tersebut dan usahakan cari charger lainnya. 

Usahakan charger yang nilai amperenya sebanding dengan sebelumnya agar baterai tidak mengalami shock karena disebabkan besar atau kecilnya ampere yang masuk.


4. Jika Smartphone Mengalami Masalah Di Bagian Software

Jika kalian pernah mengalami notifikasi berikut seperti not responding, crash , force closed, bahkan sampai me-restart sendiri,dipastikan smartphone kalian mengalami masalah di bagian software. Untuk caranya cukup memperbaiki software dengan cara mengganti firmware. Bisa dengan cara flash firmware yang baru ke smarpthone kalian,atau cara yang paling terakhir adalah melakukan reset factory untuk memperbaiki masalah software dengan menggantnya yang baru.


5. Dengan Mengecek Kondisi Baterai

Sebagai catatan : cara nomer lima ini hanya dapat kalian gunakan jika smartphone kalian memiliki sistem baterai removable battery atau baterai yang dapat dilepas. Karena untuk mengeceknya, kalian dapat melihat kondisi baterainya, apakah sudah membesar atau tidak, jika iya,sebaiknya diganti dengan yang baru agar nantinya tidak perlu merepotkan kalian,seperti cepat boros,lebih baik diganti dengan baterai yang asli ya guys,untuk menghindari hal yang tidak diinginkan jika menggunakan baterai KW.

Memang sih kejadian seperti ini sudah jarang terjadi,karena selain butuh beberaoa waktu sampai keadaan baterai membesar agar dapat memastikan,selain itu teknologi sekarang lebih condong menggunakan perangkat dengan sistem baterai non-removable battery.


6. Dengan Melihat Logo Screen

Jika di smartphone kalian tiba-tiba mati namun masih bisa dinyalakan yang hanya terlihat logonya saja. Bisa dipastikan smartphone kalian mengalami bootloop,artinya smartphone kalian mengalami overworking yang menyebabkan sistem tidak bekerja secara normal,tidak dapat berjalan hanya diam saja atau nge Hang,tetapi tenang saja karena hal tersebut bukan suatu masalah yang serius.

Untuk itu,hal yang bisa kalian lakukan dengan flashing smartphone,atau jika kalian masih ragu melalukannya,bisa browsing dengan keyword "Cara mengatasi bootloop tanpa flashing" dengan begitu tidak perlu repot-repot melakukan hal yang belum tentu bekerja 100%. Memang banyak cara yang dapat kalian gunakan,untuk itu rajin-rajin berselancar di internet saja dan rajin mengunjungi blog ini agar dapat mengetahui tips dan trick paling baru dari Jalin

Sekarang sudah tahu kan tindakan yang dilakukan waktu smartphone mengalami mati total, tidak perlu panik dulu ya guys,gunakan cara diatas sebelum kalian putuskan untuk membawa ke tempat service.

Semoga artikel yang Jalin berikan bermanfaat untuk kedepannya.

Saran, kritik, dan request bisa kalian tulis di kolom komentar. 

Terima kasih.



Thanks for reading 6 Cara Yang Harus Dilakukan Ketika Smartphone Mati Total

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment