Home » , , , , , , » 7 Hal Yang Terjadi Padamu Jika Terlalu Lama Bermain Game

7 Hal Yang Terjadi Padamu Jika Terlalu Lama Bermain Game

7 Hal Yang Terjadi Padamu Jika Terlalu Lama Bermain Game
source:jagatplay.com
Siapa sih yang tidak suka bermain game,semua orang pasti akan bilang setuju atau menyukai jika ditanya tentang pertanyaan tersebut,memang dari dulu game dapat membuat orang yang bersangkutan menjadi senang dan melupakan kepenatan yang dimilikinya,entah itu game jaman dulu yang tanpa gadget,sampai sekarang yang semua kebutuhan termasuk game pasti tidak lepas dari gadget,setuju jika game dapat memberi kenyamanan dalam hidup ketika sedang mengalami stress atau pun sekedar ingin bermain saja.

Game saat ini yang menjadi primadona seperti, PES 2017, FIFA 2017 ,Call Of Duty, GTA V, dll selalu menjadi pilihan banyak orang untuk bermain di computer atau laptop,dan primadona di smartphone yaitu seperti Mobile Legends, Clash Of Clans, dll yang sedang diminati oleh banyak anak-anak sampai remaja.

Namun,dibalik kesenangan tersebut tahukah ternyata game juga memiliki efek berbahayanya? salah satu yang dapat ditimbulkan yaitu para game menjadi terlalu nyaman yang akibatnya malah menjadikan mereka kecanduan bermain game,padahal seperti kata patrick star yang  kita tahu sesuatu yang berlebihan itu tidak sehat.

Sekedar informasi saja untuk efek positif bermain game yaitu, Pertama dapat mengurangi stress akibat banyaknya kesibukan atau pekerjaan yang ada. Yang kedua dengan bermain game dapat melatih kemampuan otak dan kemampuan dalam bertindak kritis dan cepat dalam diri seseorang tersebut. 

Tetapi yang akan Jalin bahas yaitu 7 Hal yang terjadi padamu jika terlalu lama bermain game,untuk itu sebelum terlambat,yuk simak pembahasan berikut ini :



7 Hal Yang Terjadi Padamu Jika Terlalu Lama Bermain Game

1. Mengalami Cedera Nintendinitis Pada Tangan

Pengertian dari Nintendinitis adalah suatu kondisi tangan yang mengalami cedera karena peregangan pada sambungan yang berulang-ulang dan dilakukan secara terus-menerus. Untuk kasus ini memang cocok diberikan oleh para gamer karena paling sering mengalami kondisi tersebut,dimana mereka berulang-ulang melakukan gerakan yang sama dalam salah satu anggota tubuh mereka,yaitu tangan. 

Contohnya saat jari-jari tangan selalu memencet tombol joystick dalam waktu yang lama dan itu dilakukan secara rutin,hal itu yang menyebabkan lama-lama jari menjadi terlihat lebih bengkak. Selain itu,kondisi Nintendinitis bisa juga terjadi di bagian tubuh yang lain tergantung kondisinya.


2. Mengalami Sakit Punggung

Sakit di punggung atau nyeri punggung muncul karena kegiatan yang berulang-ulang seperti kegiatan menonton TV dan duduk didepan komputer. Penyakit tersebut muncul karena tulang belakang yang terlalu kaku,sehingga otot punggung menjadi tegang dan ini yang mengakibatkan terjadi sakit punggung. Jadi mulai dari sekarang harus pintar-pintar mengubah kebiasaan duduk saat bermain game.

Usahakan untuk setiap satu jam,lepas dari tempat duduk untuk sekedar mengambil minum agar otot punggung bisa merelaksasi dalam waktu sebentar.


3. Dapat Terkena Trombosis Vena Dalam

Bisa dikatakan penyakit ini sangat fatal jika yang mengalami para gamers. Seseorang dapat terkena penyakit trombosis vena dalam jika terlalu lama dan sering duduk diam. Hal ini pernah dialami secara langsung oleh seorang gamers yang berasal dari Inggris yang sampai meninggal dunia karena mengami gumpalan darah yang menumpuk akibat penyakit trombosis,setelah diteliti lebih jauh penyebab asal mulanya adalah karena terlalu sering bermain game dengan posisi yang itu-itu saja hingga 12 jam setiap hari.

Penyakit Trombosis vena dalam juga dikenal sebagai sindrom kelas menengah ,karena kondisi tersebut biasanya sering dialami oleh seseorang yang bepergian jauh dan tidak sempat bahkan lupa untuk sekedar bergerak.Akibatnya dalam tubuh terjadi penumpukan darah yang terbentuk karena imobitilas secara berkepanjangan dengan dibarengi aktivitas fisik yang monoton,sungguh mengerikan.


4. Dapat Merusak Mata

Hal mengerikan selanjutkan adalah merusaknya mata secara permanen,hal ini sering muncul karena sering menatap layar komputer,laptop,dan gadget yang dapat mempengaruhi kondisi mata. Kondisi ini dapat menimpa dari anak kecil hingga orang dewasa,penyakit ini sering disebut juga Computer Vision Syndrome (Baca Apa itu Computer Vision Syndrome (CSV) ) .Inti dari penyakit ini muncul setelah orang tersebut menatap layar selama beberapa jam hingga menyebabkan kebutaan sesaat.|

Hal ini sudah pasti dapat menyebabkan masalah serius jika dibiarkan saja,contohnya dapat mengakibatkan ketegangan dan nyeri di area mata. Dan kondisi tersebut diperparah jika kita menatap layar smartphone atau komputer dengan kondisi ruangan yang pencahayaan nya sangat minim,jadi fokus mata hanya terpaku pada layar,tidak menyebar ke semua ruangan. 

Nah jika hal tersebut dilakukan terus-menerus bahkan sampai tidak ada perubahan,bersiaplah dengan penyakit yang siap mengintai seperti mata minus,mata silinder, sampai yang paling parah yaitu kanker mata.


5. Mempengaruhi Perkembangan Otak

Hal yang didapat Jika terlalu sering terjadi jika bermain game tanpa disaadari otak juga akan terpengaruh secara berskala. Kondisi ini dapat menyebutkan jika bermain video game dalam dosis yang sering,dapat mempengaruhi kinerja otak sepenuhnya. Ini sering ditemukan pada anak-anak dan remaja yang jika sekali bermain dapat memakan waktu lebih dari 10 7 jam dalam setiap minggu,hal ini dapat berpotensi menciptakan "rasa kecanduaan" dalam otak dan efeknya akan berdampak pada mereka yang ingin bermain game secara terus-menerus.

6. Menyebakan Obesitas

Gampangnya,jika kalian terlalu lama duduk dan tidak mengerjakan apa-apa,sedangkan disitu kalian juga sering ngemil bahkan makan besar,jika dilakukan setiap hari bukan tidak mungkin tubuh kalian akan mengalami peningkatan berat badan. 

Hal itu juga berkaitan dengan kehidupan gamers,mereka yang "terpaksa" karena duduk dan fokus dalam game,sehingga tubuh tidak melakukan proses pembakaran lemak,hal itu yang menyebabkan penumpukan lemak yang berdampak pada meningkatnya berat badan,selain itu juga dapat terkena mudah lelah karena jantung mereka yang jarang untuk olahraga,jika dibiarkan terus-menerus akan menyebabkan jantung yang lemah.

7. Berpotensi Terkena Gagal Jantung

Dalam kasus ini berkaitan dengan nomor sebelumnya,dalam sebuah kasus di Singapura, seorang pria yang tewas di sebuah cafe internet membuat heboh pengunjung disana,bahkan sampai membuat kepanikan sebelum kedatangan polisi yang menenangkan kondisi. Diduga pria tersebut tewas karena bermain game selama 3 hari secara non-stop,hal itu menyebabkan penyakit gagal jantung yang dialami pria tersebut. Karena penyakit yang dialami pria tersebut terjadi karena efek imobitilas di dalam sistem peredaran darah nya,terkena suhu dingin AC secara terus-menerus,dan kelelahan akibat dari kurang tidur.

Fakta yang lain jika seseorang tidak tidur selama beberapa hari saja akan membuat ketegangan dalam tubuh,ditambah kondisi kesehatan yang juga menurun,dan akhirnya akan memicu dimana kondisi jantung akan mengalami kelelahan dan timbulnya penyakit gagal jantung.


Jadi setelah membaca artikel diatas,apakah kalian mau tetap untuk bermain game selama berjam-jam setiap hari? yuk demi kesehatan kalian kurang-kurangin maksimal 2-3 jam saja sudah cukup,dan juga harus diimbangin olahraga,entah itu setiap hari lebih bagus,tetapi jika mempunyai kesibukan bisa dilakukan waktu weekend saja.

Semoga artikel yang Jalin berikan bermanfaat untuk kedepannya.

Saran,kritik,dan komentar dapat ditulis di kolom dibawah

Terima kasih
Thanks for reading 7 Hal Yang Terjadi Padamu Jika Terlalu Lama Bermain Game

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment