Home » , , , , , , , » 7 Macam Bahaya Jika Install Windows Bajakan

7 Macam Bahaya Jika Install Windows Bajakan

7 Macam Bahaya Jika Install Windows Bajakan
source:maxmanroe.com


PIlih bajakan atau original? Dari sekian banyak survey dari 10 teman-teman Jalin,8 diantaranya memilih bajakan,entah itu dalam bentuk software maupun games,memang sih alasan banyak nya yang suka terhadap barang bajakan,disamping harganya murah,bahkan bisa didownload secara gratis,sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya yang sangat besar dibanding dengan harga yang original,pengguna juga tidak mempermasalahkan kurangnya fitur yang didapat jika telah memiliki bajakan,padahal banyak sekali fitur penting dan bawaan yang kadang tidak dimiliki bajakan itu sendiri.


Namun tetap saja bajakan tetap merajalela,sehingga jika dibiarkan peredarannya secara luas,maka akan terjadi kerugian besar terhadap produsen tersebut yang paling fatal dapat mengakibatkan gulung tikarnya suatu produsen tersebut.


Disini yang akan Jalin kupas lebih dalam lagi tentang peredaran software bajakan Windows yang paling banyak diunduh oleh pengguna Internet,bahkan di Indonesia sendiri sudah sangat melekat sampai sulitnya mengatasi masalah tersebut. 
Alasannya pun beragam,banyaknya toko-toko software yang menjual dengan harga miring,lalu situs onlline yang menyediakan software Windows bajakan secara luas dan dapat diunduh secara gratis sehingga bisa dibilang Windows bajakan sangat mudah didapat.


Tetapi apa kalian tahu dari murah dan gratisnya Windows,banyak bahaya yang mengintai? Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini tentang bahaya jika install Windows bajakan




7 Macam Bahaya Jika Install Windows Bajakan

1. Munculnya Pesan Aktivasi Dari Windows

Biasanya setelah menginstall Windows bajakan di komputer atau laptop,seiring waktu akan muncul notifikasi berkali-kali yang cukup menggangu penggunaWindows. Pesan biasanya berisi agar kalian memasukkan kode aktivasi original Windows ataupun pesan pengingat agat kalian membeli Windows yang original. Sangat menggangu bukan?


2. Privasi Dapat Terganggu


Jika Windows bajakan bisa dengan mudah didapat dari mana saja,maka bersiap-siap juga jika privasi kalian dapat terganggu,karena apa?kita tidak pernah tau siapa si pembuat copy Windows bajakan tersebut. Bersyukurlah jika si pembuat itu baik dan tidak macam-macam dengan niat berbagi saja,namun beda cerita jika yang membuat tersebut orang yang iseng dan jahat,dengan kemungkinan bisa disusupi virus ataupun software jahat yang nantinya dapat mengganggu privasi kalian.


Bukan tidak mungkin pembuat tersebut memata-matai bahkan mengambil data yang kalian miliki jika itu sangat penting.


3. Salah Satu Pelanggaran Hukum

Ketika kalian melakukan sesuatu yang bertolak belakang dengan kebenaran,sudah pasti hal itu termasuk pelanggaran hukum dan akan mendapat imbalan hukum nantinya,hal itu juga termasuk jika menggunakan produk-produk bajakan,karena di Indonesia sendiri sudah ada Undang-Undang yang menyatakan pelarangan penyebaran barang-barang bajakan.


Untuk itu dalam menggunakan software yang ilegal,tentu saja sudah termasuk melanggar hukum yang ada. Bukan cuma Indonesia saja,tetapi juga di seluruh negara juga menerapkan aturan larangan tersebut. Dengan begitu pengguna Windows ilegal bisa saja terjerat oleh hal ini dan jika diadili secara hukum,maka yang paling berat adalah dipenjara dan denda yang sangat besar untuk pengguna saja.



4. Fitur Menjadi Tidak Optimal

Dibanding dengan Windows Original,menggunakan Windows bajakan juga dapat membuat fitur tidak bisa berjalan secara maksima,hal itu terjadi karena ada beberapa fitur yang hanya bisa digunakan dan didapatkan pada versi yang original.

Jalin contohkan terdapat di Windows 8,ada fitur pengaturan yang bisa dikunci,seperti backgroud dan start screen tidak bisa digunakan untuk bisa memasuk dan mengakses fitur-fitur komputer didalamnya.

5. Rawan Dengan Virus Berbahaya


Nah hal ini yang paling dikhawatirkan dari bahaya Windows bajakan,rawan nya virus dan malware yang menggapai pengguna Windows bajakan karena tidak dapat digunakan untuk update sistem bawaan keamanan Windows,sehigga menjadi rentan dan mudah diserang virus dan malware. 
Hal itu tidak akan terjadi jika menggunakan Windows original,karena keamanan OS akan selalu update yang nantinya berperan untuk memperbarui kemanan biar terhindar dari bug dan virus yang semakin berkembang.


6. Performa Menjadi Berkurang

Windows bajakan biasanya tidak didukung fitur yang optimal dan terdapat bug yang banyak,sehingga hal ini dapat membahayakan komputer jika dibiarkan dapat mengakibatkan menginfeksi sistem tertentu dan membuat kinerja komputer menjadi terganggu,bahkan menjadi cepat panas dan berkurangnya kecepatan komputer merespon penggguna.


7. Komputer Tidak Dapat Digunakan


Dan bahaya yan terakhir menjadikan komputer tidak dapat digunakan,mengapa demikian? kita ambil contoh jika kalian pengguna Windows 7 pasti tidak asingdengan peringatan berupa wallpaper yang berubah menjadi hitam atau watermark. apalagi jika masih menggunakan Windows XP, dengan proses yang dinamakan proses Genuine Advantage yang menyebabkan user terkunci dan tidak dapat mengakses komputer lebih lanut lagi.

Masih ingin menggunakan produk-produk bajakan? Ayo hargai produsen pembuatnya dengan membeli produk original,dengan begitu dapat mengurangi peredaran produk bajakan yang dapat merugikan semua orang.


Semoga artikel yang Jalin berikan bermanfaat untuk kedepannya.

Saran,kritik,dan request bisa kalian tulis di kolom komentar.

Teria kasih.  
Thanks for reading 7 Macam Bahaya Jika Install Windows Bajakan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment