Home » , , , , , » Solusi Terbaik Mengatasi Adsense Ditolak Karena Konten Tidak Memadai

Solusi Terbaik Mengatasi Adsense Ditolak Karena Konten Tidak Memadai

Solusi Terbaik Mengatasi Adsense Ditolak Karena Konten Tidak Memadai
source:angel.co


Banyaknya permintaan blog dalam mendaftarkan adsense membuat developer utama,yaitu Google harus bekerja keras dalam menyeleksi syarat-syarat blog yang memenuhi kriteria mereka, dan dari kebijakan tersebut,tidak sedikit yang kecewa,bahkan putus asa karena blog mereka ditolak mentah-mentah oleh adsense, entah karena sudah mendaftar berkali-kali tetapi masih saja hasilnya penolakan, ada juga yang sekali ditolak sudah menyerah, namun sekali lagi Jalin tekankan
Penolakan oleh adsense bukan akhir dari segalanya, bangkit dan perbaiki kesalahan tersebut, masih banyak cara yang dapat kalian gunakan
Banyak nya alasan yang diberikan adsense kepada para blogger, yang paling banyak dari hasil survey yaitu konten tidak memadai, sebenarnya apa itu konten tidak memadai? dan apa penyebabnya? dan yang paling kalian cari yaitu solusi untuk masalah ini agar kedepannya dalam mendaftar adsense tidak terjadi penolakan lagi. Untuk itu simak ulasan dibawah ini tentang solusi dan cara yang terbaik dalam mengatasi penolakan adsense karena alasan konten tidak memadai :

Solusi Terbaik Mengatasi Adsense Ditolak Karena Konten Tidak Memadai

Sebelumnya ini adalah pertama kali pengajuan akun Google Adsense Jalin ditolak oleh Google, setelah lama menunggu selama 3 minggu lebih, akhirnya pada tanggal 14 Agustus lalu tidak disangka-sangka mendapat notifikasi Adsense di Gmail, awalnya saya terkejut sekaligus deg-degan karena surat yang telah ditunggu-tunggu selama hampir sebulan akhirnya mendarat di Gmail saya, agar lebih tenang saya menarik nafas dalam-dalam dan membaca salam, dan setelah dibuka ekspetasi saya terhadap Adsense langsung hilang seketika setelah isi dari pemberitahuan tersebut merujuk bahwa blog Jalin menurut pihak Google Adsense belum memenuhi kebijakan dan persetujuan dari Google Adsense.

Alasan penolakan yang Jalin terima yaitu karena "Konten Tidak Memadai", disitu saya langsung ambil kesimpulan, padahal menurut saya, konten murni menulis sendiri walaupun gambar kebanyakan ambil dari Google namun selalu saya sertakan sumber agar tidak terjadi melanggar copyright. Lalu sistem navigasi juga sudah jelas karena telah terdapat seperti Popular post, Blog archive, Related Post dan Label agar memudahkan pengunjung mengeksplore seluruh artikel yang saya punya. Mungkin yang menurut Google Adsense berpikir bahwa banyak artikel saya yang kebanyakan menggunakan gambar, sedangkan pokok tulisan yang dibahas kurang banyak. Setelah mendapat penolakan tersebut, esuk harinya langsung merombak beberapa artikel yang ada walaupun hanya beberapa dan waktu yang tidak mencukupi untuk merombak dalam satu hari karena aktivitas kuliah, namun sampai sekarang pun saya masih berusaha memperbaiki kesalahan berdasarkan penjelasan dari Adsense sendiri.

Saya ungkit dalam sebuah pengajuan akun Adsense, ada beberapa tahap tes yang harus dilalui oleh para pencari dollar ini, dan biasanya setelah pengajuan diterima di tahap awal atau yang biasanya disebut review pertama, selanjutnya suatu blog akan diuji lagi dalam tahap revieew ke dua. Untuk yang ini lah tes yang sebenarnya karena Google benar-benar menelliti dan mencari blog yang benar-benar berkualitas untuk memasang iklan mereka di sana, dan pihak Adsense tidak main-main dengan review kedua ini ,terbukti dari banyaknya kejadian yang ditolak bahkan sampai berkali-kali tetap di tolak di review kedua ini.

Setelah saya berkelana di beberapa sumber seperti forum di facebook, lalu di internet, dan beberapa blog yang menjelaskan tentang Adsense, saya ambil kesimpulan bahwa dalam tahap review kedua ini adalah kondisi yang sangat penting dan teliti dalam suatu pengajuan akun Adsense yang nantinya didapatkan hasil yang sesuai dengan nilai yang diberikan oleh Pihak Google Adsense. Untuk itu, agar nantinya proses pengajuan adsense kalian dapat diterima, selalu menggunakan tulisan yang berkualitas yang memenuhi SEO friendly, dan bukan dari hasil copy paste, dan menulis artikel dengan tulisan yang sebanyak-banyaknya yang kalau bisa dapat mencari 700-1000 kata. Dan jangan pernah memodifikasi atau mengganti template dan widget nya yang telah terpasang saat mendaftar Adsense, karena nanti akan disebut oleh Google sebagai blog versi beta atau blog masih dalam bentuk kerangka.

Untuk itu Jalin akan kupas dari alasan-alasan penolakan konten tidak memadai itu dengan pengalaman saya sendiri, Jalin asumsikan bahwa beberapa alasan yang mencakup seperti :

1. Jumlah Artikel Dan Kata Yang Masih Sedikit
Pertama kali yang saya pikirkan setelah melihat artikel sebelum di ajukan di Adsense adalah sudah cukup banyak, banyak edukasi yang terdapat, dan berkualitas dan berbobot, namun setelah itu berubah drastis karena Google Adsense punya penilaiannya sendiri dalam menilai suatu konten blog. Dan Google juga tidak terlalu suka  jika dalam satu artikel yang dibuat jumlahnya masih sedikit dan kata-katanya masih sangat minim, hal itulah yang mendorong Adsense menolaknya dengan alasan konten tidak memadai.

Setelah Jalin koreksi, ternyata untuk membuat satu artikel harus benar-benar original atau buatan diri sendiri, lalu kata-katanya mengandung 700-1000 kata dan dengan meminimalkan peran gambar dan video atau lebih tepatnya gambar menjadi pelengkap,bukan dalam dominan. Ini berdasarkan pengalaman saya dan satu teman kampus saya.

2. Kandungan Kata Dalam Artikel Kurang Memenuhi
Dalam alasan yang saya terima di Gmail adalah kandungan kata dalam artikel kurang banyak, disini saya sedikit bingung karena Google Adsense benar-benar bekerja keras dan teliti dalam menilai sebuah blog. Dan ternyata benar salah satu penolakan inilah yang menjadi keyakinan saya karena kebanyakan dari artikel di blog saya selalu menggunakan gambar sebagai pelengkap dan mempermudah pengunjung dalam mencerna artikel yang ada. Namun sekali lagi, Google punya cara sendiri dalam menilai, bisa saja karena kandungan kata di artikel saya kurang sehingga bukan gambar yang menjadi pelengkap, namun malah sebaliknya. 

Untuk itu tips yang saya berikan adalah selalu memperbanyak penggunakan kata-kata dan buatlah kalimat menjadi semenarik mungkin, dan kurangi penggunaan gambar dan video, jika kalian tidak bisa maka peran kreatifitas dalam menulis lah yang perlu kalian gunakan. Dengan begitu kemungkinan blog yang diterima oleh Google Adsense menjadi lebih besar.

3. Blog Masih Dalam Versi Beta Atau Tahap Renovasi
Salah satu kesalahan selanjutnya yang saya buat adalah sewaktu dalam masa review kedua malah mengotak-atik widget di blog saya karena rasa yang penasaran belum ada kabarnya dari Adsense setelah 3 minggu lamanya, hal itu tentunya sangat tidak dianjutkan oleh Google karena dianggap masih dalam tahap perbaikan dan belum sepenuhnya siap dalam mengajukan Adsense. Google Adsense tidak akan menerima blog yang dianggap masih belum jadi.

Dan tips yang saya berikan adalah utal-atik lah sampai kalian yakin bahwa blog kalian sudah siap untuk diajukan di Google Adsense, setelah sudah dalam masa review jangan pernah sekali-kali mengubah letak iklan ataupun widget yang ada, cukup sabar dan berusaha dengan tetap update artikel setiap hari agar Google dapat menilai jika blog kalian serius ingin bekerja sama dengan Adsense.

4. Penggunaan Navigasi Blog Yang Kurang
Andaikan kalian menjadi pengunjung dalam sebuah blog, pasti mengharapkan adanya navigasi yang jelas dan lengkap agar nantinya lebih mudah saat mencari semua informasi dalam blog tersebut. Navigasi yang saya maksud seperti Popular Post, Blog Archive, Related Post, Site Map, Privacy Policy, About, Contact dll.

Untuk itu tips selanjutnya agar dapat diterima Adsense yaitu dengan membuat sistem navigasi yang lengkap dan jelas, anggap blog kalian itu adalah sebuah toko dan buat penggunjung mudah dalam menjelajahi semua toko yang kalian miliki, kalian tidak mau kan kalau penggunjung susah dalam mengakses blog kalian yang nantinya berdampak pada menurunya penggunjung karena kurangnya kemudahan yang didapatnya, ingat kunci dalam ini adalah kenyamanan pengunjung.


  • Navigasi Konten
Navigasi konten disini menjadi tolak ukur dalam kesuksekan pengunjung mendapatkan apa yang mereka mau dengan mendalami artikel yang kalian posting. Selalu gunakan template yang memiliki navigasi yang baik dan tentunya konten yang SEO friendly seperti terdapat judul dan sub judul, dan tips 3H (Heading, Sub Heading, dan Minor Heading). 

  • Navigasi Widget dan Menu
Nah point penting dalam suatu kesuksekan blogging adalah fasilitas menu dan widget yang ditampilkan, Navigasi menu sendiri adalah fasilitas yang dibutuhkan pengunjung agar dapat menjelajahi isi artikel kalian. Buatlah navigasi dan template yang menarik sehingga penggunjung betah dan selalu mengikuti aktivitas blog kalian di kemudian hari. Satu hal yang perlu kalian ketahui adalah jangan membuat menu yang tidak ada isinya atau jika di klik tidak memiliki respon karena dianggap sebagai blog yang masih dalam perbaikan. Selanjutnya menggunakan fasilitas pencarian, widget pendukung seperti Popular Post, Related Post, Label, Blog Archive dan lain-lain yang memudahkan pengunjung menjelajahi semua artikel yang kalian punya.

Semoga tips dan solusi yang Jalin berikan berguna untuk kalian semuanya yang masih berjuang dalam mendapatkan cinta dari Google Adsense, pesan dari saya adalah jangan pernah menyerah dalam suatu keadaan, bahkan jika kalian ditolak berkali-kali bukan alasan untuk menyerah,tetapi malah menambah semangat juang kalian dalam mencari pundi-pundi dolar.

Percayalah, hasil tidak akan menghianati usaha kalian, selalu berusaha, semangat, dan jangan lupa berdoa

Saran, kritik, dan request bisa kalian tulis di kolom komentar.

Terima kasih


Thanks for reading Solusi Terbaik Mengatasi Adsense Ditolak Karena Konten Tidak Memadai

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

43 komentar:

  1. kapan ya adsense gw di aprove hampir sebulan di php in

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah sebulan diulang lagi ajaa gan,soalnya kalo udah lebih dari segitu susah diterimanya

      Delete
  2. alhamdulillah sekarang saya udah keterima di AdSense gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah gan jangan lupa itu baru awal perjuangan gan :D

      Delete
  3. betul gan.. ane dlu ditolak adsense karena ada konten tidak memadai,ternyata setelah di atur widget dan navigasi,jadi diterima

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok nih jadi salah satu referensi buat yang masih ditolak gan, terima kasih infonya gan :D

      Delete
  4. Blog gue di review kedua ditolak alasannya konten tidak memadai padahal satu artikel tuh sedikitnya ada 500an kata gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin dari sisi navigasi atau artikel yang dominan gambar gan

      Delete
  5. Replies
    1. Mantap nih gak sia-sia berjuang nunggunya gan, sukses kedepannya :D

      Delete
  6. Ane baru kemaren di approve gan setelah 7 hari yang bikin deg-degan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiih keren abis ternyata ada yang cuma seminggu pula, lanjutkan perjuanganmu gan :D

      Delete
  7. keren postingannya gan, dpt ilmu baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan semoga membantu yaa :D

      Delete
  8. bolak balik baca trik adsense tetep aja di tolak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane juga sama gan, mungkin cuma kurang berusaha sm keberuntungan gan

      Delete
  9. ane udah 1 kali ditolak ama google padahal udah nembak dia

    ReplyDelete
    Replies
    1. GA beda dengan cewek gan, jangan langsung menyerah kalau sekali ditolak, perbaiki dan daftar balik gan :D

      Delete
  10. Semoga dengan ini banyak blogger yg di terima adsense, thx..

    ReplyDelete
  11. saya pernah ditolak adsense sebanyak 3 kali, dan yang dikatakan penulis diatas memang betul, tingkatkan kualitas tulisan

    ReplyDelete
  12. ijin praktek, semoga tidak ditolak lagi

    ReplyDelete
  13. Yang paling fatal sih blog masih tahap renovasi dipaksakan untuk didaftarkan adsense dan akhirnya bakal kena tolak

    ReplyDelete
  14. saya masih bingung kenapa saya masih saja di tolak sama ga padahal blog saya sudah memenuhi syarat seperti saran agan di atas :(

    ReplyDelete
  15. Nice gan, saya juga lagi daftar adsense semoga keterima

    ReplyDelete
  16. Sangat membantu buat blogger pemula kya ane ..

    ReplyDelete
  17. iya navigasi blog penting banget, pernah ditolak grgr navigasinya kurang

    ReplyDelete
  18. betul tuh gan.. navigasi juga penting

    ReplyDelete
  19. Intinya jangan pernah menyerah lah

    ReplyDelete
  20. Simple gan, kalo ditolak ya lamar lagi sampe berhasil. Salam

    ReplyDelete
  21. kemarin coba kek gini dan berhasil :)

    ReplyDelete
  22. wah saya di terima tapi malah sudah kejual akunya hehe


    WWW YUKGAS ID

    ReplyDelete
  23. Klo blog ane belum memenuhi syarat adsense karena masih baru. Doain aja ya gann..

    ReplyDelete
  24. sangat membantumassolusinya :)

    ReplyDelete
  25. terimakasih gan atas infonya dan sangat bermanfaat postingannya.

    ReplyDelete
  26. Thanks gan, semoga cara ente ini berhasil

    ReplyDelete
  27. Mantaps gan, btw gue masih digantungi 2 minggu sama adsense T_T

    ReplyDelete