Home » , , , , » Sarahah, Aplikasi Viral Yang Disalahgunakan Oleh Kaum Millenial

Sarahah, Aplikasi Viral Yang Disalahgunakan Oleh Kaum Millenial

Sarahah, Aplikasi Viral Yang Disalahgunakan Oleh Kaum Millenial www.gangcepat.com

source:manggadget.com
Akhir-akhir ini kalau kalian sering membuka instagram dan melihat di insta story, pasti secara tidak sengaja pernah melihat screenshot berupa aplikasi yang menanyakan orang yang bersangkutan beserta jawabannya, bedannya yang meng upload menjawab di insta story tersebut. Memang ketika melihat moment seperti itu secara terus-menerus akan membuat jengkel orang yang melihatnya ,terlebih lagi jika banyak pertanyaan dan dijawab semua, otomatis semua insta story yang bersangkutan penuh dengan jawabannya, namun ada juga yang penasaran karena bisa tahu jawaban yang dia berikan dengan orang yang menanyainnya di kolom pertanyaan aplikasi tersebut.

Sebenarnya apa itu sarahah? dan bagaimana cara menggunakannya? simak ulasan nya dari Jalin di bawah ini
Sarahah, Aplikasi Viral Yang Disalahgunakan Oleh Kaum Millenial

source:genmuda.com
Apa itu Sarahah? adalah aplikasi yang menampilkan pendapat dan penilaian yang jujur dan konkret dari teman yang terhubung dalam koneksi akun kalian. tinggal buka link akun sarahah seseorang, maka langsung ditujukan dalam suatu kotak yang bisa kalian tulis sesuai keinginan untuk orang tersebut. Memang sekilas mirip aplikasi askFM namun bedanya di sarahah tidak terdapat fitur untuk menjawab pertanyaan tersebut. Aplikasi ini bisa didownload oleh smartphone android maupun iOS dan tersedia di Google Play Store dan juga di Store App.

Cara install dan penggunaan yang mudah memang menjadi salah satu nilai plus yang dimiliki sarahah ini, namun alasan sebenarnya aplikasi tersebut populer beberapa akhir ini adalah karena jiwa narsis dan kekinian yang ada dalam diri seseorang, entah karena cuma ikut-ikutan padahal aslinya sarahah bukan aplikasi untuk tanya jawab. Obsesi akan tuntutan jaman yang mengharuskan orang-orang millenial harus tetap terlihat eksis dan terlihat mengikuti jaman, apalagi didukung dengan fitur instagram , entah siapa yang memulai nya namun salahnya penggunaan aplikasi itu membuat orang-orang mengikuti tanpa tahu fungsi yang sebenarnya.


Cara Penggunaan Aplikasi Sarahah
source:mastahku.com
  1. Langkah pertama yang harus kalian ambil adalah mendownload nya, jika kalian pengguna Android maka bisa didapatkan di Google Play Stoe, dan bagi pengguna iOS bisa diunduh dari App Store. 
  2. Setelah menginstalnya maka yang perlu dilakukan dengan mendaftar dengan alamat email beserta kata sandi, dan tentunya nama pengguna.
  3. Setelah selesai maka aplikasi siap digunakan dan kalian bisa menggunakan media sosial sebagai media untuk menyebarkan akun sarahah kalian.
Sedangkan alasan-alasan orang mendownload aplikasi sarahah bisa kalian lihat di bawah ini :

1. Ingin Menjadi Lebih Baik
Maksud dari point pertama adalah jika menggunakan sarahah, kalian tinggal menunggu adanya pertanyaan yang dilontarkan oleh orang lain, karena sifatnya anonymous atau tanpa identitas, orang yang bertanya dapat menanyakan apapun mulai dari saran hingga kritik. Biasanya dengan fasilitas anonymous bisa dimanfaatkan untuk mengkritik orang tersebut sehingga kalian benar-benar tidak tahu siapa yang menanyakan hal itu, disitulah letak nya jika kalian menganggap dalam hal positif, maka kritik yang ada dapat kalian ambil sebagai acuan untuk berusaha lebih baik lagi.


2. Susah Dalam Mendapat Penilaian Jujur Dari Orang Lain
Walaupun masing-masing orang sudah kenal dan akrab, namun ada saatnya jika kalian ingin mengatakan kepada yang bersangkutan hal yang jujur, hal yang sebenarnya ingin diungkapkan dari diri sendiri, namun karena rasa tidak enak dan sungkan yang kadang menghentikan niat untuk jujur tersebut. Mungkin disinilah letak positif selanjutnya, agar merasa tidak canggung dan tidak enak hati, kalian bisa memberikan apa yang ingin kalian ungkapkan, entah itu kritik ataupun masalah yang takut untuk dibicarakan langsung, hingga saran yang membangun. 

Dengan begitu, ketika dia melihat pertanyaan kalian, kritik dan saran yang ada akan membuat dirinya berpikir lebih karena ada orang lain yang masih mempunyai rasa tidak enak terhadapnya. Dengan begitu dapat munculnya perasaan lega karena telah tersampaikan uneg-uneg nya.


3. Semua Orang Ingin Berkomentar, Namun Tidak Ingin Dikomentari
Sudah menjadi hal yang umum bahwa media sosial merubah segalanya, dari yang semula masih menjaga perasaan, dengan adanya internet semuanya dapat diungkapkan secara nyata. Bahkan bila ada seseorang yang dapat melakukan kesalahan atau berbuat kejatahan pasti akan dihujat habis-habis, dikomentari oleh orang lain, hingga yang paling buruk sampai menjelek-jelekkan orang lain karena satu masalah saja.

Namun beda lagi jika orang yang telah berkomentar sana-sini diberi komentar maupun kritikan, biasanya langsung menyangkal bahkan balik berkomentar pedas hingga memunculkan psywar di media sosial, kalau sudah berkepala panas semua, maka satu-satunya cara harus ada yang mengalah atau adanya pihak ketiga untuk mengurangi ketengangan yang ada. Lebih baik lagi jika berkomentar di media sosial dengan sewajarnya dan bijaksana.


4. Ingin Pamer Dan Disebut Mengikuti Jaman
Sepertinya karena alasan inilah yang paling mendasar dan banyak digunakan, bahkan ketika Jalin tanyakan kepada satu orang tentang kenapa mendownload sarahah padahal tidak ada fitur untuk menjawab. Jawaban yang saya dapat memang sesuai dengan perkiraan, yaitu untuk pamer kalau semakin banyak orang yang komentar, maka rasa kepuasaan akan dia dapatkan dan dengan bangga menjawab dengan memasukkan nya di Insta Story.

Karena hal itulah sekarang media sosial lebih digunakan untuk kepentingan diri sendiri, apalagi dalam urusan pamer maka disitu adalah tempat yang paling tepat. Dengan meng upload apa yang kalian alami, apa yang kalian dapat, dan perasaan yang sedang kalian rasakan dengan menggungah nya maka orang lain akan tahu dan ujung-ujungnya akan menjadi bahan pamer dan mencari perhatian.


5. Karena Ingin Menjawab Komentar
Alasan yang sebenarnya agak gabut karena pemilik akun yang memiliki akun Sarahah akan mengomentari semua pertanyaan yang terdapat di aplikasi, disitulah letak kesalahanya karena tidak adanya fasilitas menjawab komentar seperti askFM dan sebagainya, satu-satunya cara untuk menjawab yaitu dengan screen shot dan mempostingnya di Insta Story, dan bersiaplah jika semakin banyak pertanyaan maka semakin banyak juga Insta Story yang dia unggah.


Semoga setelah membaca artikel ini kalian lebih tau tentang aplikasi sarahah, dan gunakanlah secara benar agar tidak dicap sebagai orang ikut-ikutan dan kekinian, tetapi ketahuilah dengan mengikuti jaman tanpa berlebihan.

Semoga artikel yang Jalin berikan bermanfaat untuk kedepannya.

Saran, kritik, dan komentar bisa kalian tulis di kolom komentar.

Terima kasih.
Thanks for reading Sarahah, Aplikasi Viral Yang Disalahgunakan Oleh Kaum Millenial

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

31 komentar:

  1. artikel yang sangat bermanfaat sekali, thanks sudah berbagi

    ReplyDelete
  2. asli baru tau saya sama aplikasi ini haha, btw bener juga gan, tapi gak aneh juga sih orang jaman sekarang susah banget untuk menerima kritikan

    ReplyDelete
  3. wah saya baru tahu ada aplikasi seperti ini, tapi sayang sekali ya jadi di salahgunakan gitu

    ReplyDelete
  4. saya baru tau mas aplikasi seperti ini,, nice informasi gan

    ReplyDelete
  5. ane baru tau ada sosmed baru kayak gini gan , ths infonya :D

    ReplyDelete
  6. wahhh ada aplikasi semacam ini gan? gila.. patut dicoba

    ReplyDelete
  7. baru tau ada aplikasi sarahah itu salah digunain , mksih infonya mas

    ReplyDelete
  8. HHH, dari postingan ini saya baru tahu ternyata saya agak kolot, masak aplikasi viral aja saya gx tahu. izin share gan

    ReplyDelete
  9. wah keren ya applikasi sarahah nanti tak coba applikasi yang sedang viral ini

    ReplyDelete
  10. serius baru tau ane,
    Aplikasinya bermanfaat tapi bisa disalahgunakan juga nih, ngerih ah

    ReplyDelete
  11. Baru denger nich nama aplikasinya..terus fungsinya buat apaan tuch aplikasinya..??

    ReplyDelete
  12. wah bener banget ini, gua juga setujuh sama artikel yang satu ini

    ReplyDelete
  13. Opinimu setuju gw juga pernah ngalami hehee

    ReplyDelete
  14. Baru tahu ada aplikasi Sarahah... :D

    ReplyDelete
  15. jadi itu ya fungsi sharahah , oke thanks infonya

    ReplyDelete
  16. Baru tau ternyata ada aplikasi kaya ginian.

    ReplyDelete
  17. Sangat sedih karna generasi saat ini hanya termakan gengsi dan mengikuti jaman.

    ReplyDelete
  18. wahh iya nih gan , liat story isi nya sarahah semua

    ReplyDelete
  19. Yang nomor 4 itu loh jujur banget wkkwkw, jangankan apk itu. Lah wong apk instagram aja masih ada yang kbingungan klo di tanya " kenapa pake apk instagram" jawabnya cuma buat iseng" saja wkkwkw

    ReplyDelete
  20. Mantap ni gan artikel nya , banyak makna dan mamfaat yang bia do ambil

    ReplyDelete
  21. kadang ada juga yang sok ngartis bos

    ReplyDelete