Home » , , , , » 4 Hal Yang Membuat Malas Menulis Artikel, Kalian Sering Mengalami?

4 Hal Yang Membuat Malas Menulis Artikel, Kalian Sering Mengalami?

source:bloginthink.blogspot.com

Kegiatan Blogging memang tengah menjadi tren yang digemari oleh penulis di dunia maya. Para blogger pun menjalankan kegiatan blog ini dengan alasan yang beragam. Bahkan saking seriusnya, para blogger ini tak jarang melupakan waktu dan agenda penting lainnya.

Namun sama seperti saya, blogger juga seorang manusia yang memiliki di saat tertentu akan mengalami kondisi jenuh, sesuka apapun mereka pada aktivitas blogging ini. Rasa jenuh ini bisa disebabkan karena rentang waktu yang cukup lama berada di depan layar ataupun karena sudah terlalu lama melakukan kegiatan yang sama. Kalian pasti setuju jika mendapatkan pendapat kegiatan sama yang dilakukan terus-menerus akan menunjukkan tanda-tanda kebosanan

Nah, saat seorang blogger sudah merasa jenuh dengan aktivitas blogging, maka sebaiknya mereka berhenti sementara waktu untuk istirahat atau melakukan penyegaran (refreshing). Sayangnya, tidak semua blogger menyadari bahwa dirinya sedang jenuh dan akhirnya terus memaksakan diri untuk ngeblog.

Saat blogger memaksakan diri untuk terus ngeblog dalam kondisi jenuh, maka hal ini akan berdampak pada kualitas tulisan yang menurun. Dan bila kualitas tulisan menurun maka sangat mungkin terjadi penurunan jumlah pengunjung atau visitor blog secara berangsur-angsur. Untuk itulah sebenarnya sangat disarankan kepada blogger bila sudah mengalami kejenuhan ngeblog agar beristirahat sejenak atau refreshing. Hal ini dilakukan supaya pikiran dan tubuh kembali fresh dan bertenaga lagi.

Tapi apa saja tanda kalau blogger dalam keadaan sudah jenuh? Untuk itu simak ulasan Jalin dibawah ini :
4 Hal Yang Membuat Malas Menulis Artikel, Kalian Sering Mengalami?
4 Hal Yang Membuat Malas Menulis Artikel, Kalian Sering Mengalami?
source:resbison.blogspot.com

1. Inspirasi Menulis Yang Buntu

Tanda pertama bahwa blogger dalam kondisi jenuh adalah mengalami kebuntuan ide. Setelah beberapa hari menulis artikel untuk blog bisa jadi tiba-tiba blogger mengalami kebuntuan ide untuk menulis artikel. Nah, saat kalian mengalami hal ini, maka bisa jadi hal sebenarnya yang kalian rasakan adalah dalam keadaan jenuh. Memang bukan berarti terjadinya kebuntuan ide disebabkan sepenuhnya oleh faktor kejenuhan saja. Sebab mencari ide untuk tulisan blog sendiri memang bukanlah perkara yang mudah.

Seringkali meski kalian sudah istirahat dan refreshing kita juga belum bisa menemukan ide untuk tulisan blog. Namun, dalam hal kebuntuan ide bukan berarti lantas tanda-tanda kejenuhan ngeblog ini bisa diacuhkan. Karena ketika blogger merasa jenuh, maka mereka umumnya akan sangat kesulitan untuk mendapatkan ide menulis untuk artikel blognya.
Artikel Terkait : Cara Melindungi Mata Di Depan Komputer Dari Syndrom Visi Komputer



2. Sering Menulis Typo
Berikutnya, tanda bahwa sebenarnya blogger sudah dalam keadaan jenuh ngeblog adalah seringnya dalam salah tulis (typo). Memang saat menulis artikel kita kadangkala tak bisa menghindari dari yang namanya typo. Menulis menggunakan keyboard memang bisa saja dan wajar bila ada salah ketik, tapi bagaimana bila kemudian kesalahan menulis ini sering terjadi dalam satu artikel? Tentu saja hal ini tidaklah wajar lagi. Ya, bila terjadi banyak kesalahan pengetikan maka biasanya hal ini terjadi karena suatu sebab yang salah satunya yaitu karena rasa jenuh.

Disaat pikiran sudah jenuh dengan aktivitas ngeblog umumnya blogger mengalami penurunan konsentrasi menulis dan juga menjadi kurang memperhatikan kata-kata yang diketik nya. Alhasil, tulisan yang berupa kata dan kalimat terlihat banyak terjadi kesalahan. Untuk itu jika sudah mengalami hal serupa disarankan untuk beristirahat sejenak.

Artikel Terkait : Sering Typo Saat Chatting? Bisa Jadi Terkena Penyakit Ini


3. Kesulitan Dalam Merangkai Kata
Kalian pasti pernah merasa sulit untuk merangkai kata demi kata menjadi sebuah kalimat? Nah bisa jadi kalian sedang mengalami kejenuhan dalam menulis. Pikiran yang jenuh dalam aktivitas apapun termasuk ngeblog bisa mengakibatkan kita kesulitan mengerjakan sebuah kegiatan, termasuk juga merangkai kata.

Namun, berapa waktu lama merangkai kata yang bisa dikatakan bahwa blogger sedang jenuh? Tentu saja hal ini kembali pada masing-masing blogger. Intinya jika Anda menulis artikel jauh lebih lama dari pada biasanya maka hal ini sudah bisa dijadikan pertanda bahwa Anda sedang dalam keadaan jenuh menulis artikel. Segera hentikan dulu menulis, segarkan pikiran dengan cara refreshing melakukan hal lain yang Anda sukai.


4. Tidak Bisa Konsentrasi Dalam Menulis
Point terakhir, tanda bahwa sebenarnya seorang blogger sudah dalam keadaan jenuh ngeblog adalah ketika kalian sulit fokus atau tidak bisa berkonsentrasi saat menulis. Saat kalian mengalami ini maka sebaiknya jangan memaksakan diri untuk terus membuat konten karena hasilnya tidak akan bagus.

Berusahalah untuk memahami diri Anda dan lakukan analisis terhadap kualitas konten ketika Anda sedang menulis artikel. Semakin baik kemampuan konsentrasi Anda dengan dukungan lingkungan yang tanpa gangguan, maka semakin baik juga kondisi pikiran Anda sehingga mampu memproduksi konten yang berkualitas. Sebaliknya, semakin banyak gangguan yang menghampiri Anda ketika menulis konten untuk blog, maka itu bisa membuat Anda semakin terbenam dalam keadaan jenuh dan stress.


Jika sudah mengalami 1 dari semua yang diulas, atau bahkan semuanya, maka Jalin sarankan untuk mematikan perangkat kalian dan berusaha untuk merefreshing kan diri. Hidup jangan dibuat untuk terlalu terkekang oleh jaman, dan jangan lah kalian yang diperbudak oleh waktu. Gunakanlah waktu yang ada untuk melakukan yang kalian suka. 

Ngeblog memang aktivitas yang menyenangkan,tetapi jika sudah menemukan titik jenuh, lebih baik tutup laptop atau matikan PC kalian dan mulailah refreshing.

Semoga artikel yang Jalin berikan bermanfaat untuk kedepannya.

Saran, kritik, dan komentar bisa kalian tulis di kolom komentar.

Terima kasih.





Thanks for reading 4 Hal Yang Membuat Malas Menulis Artikel, Kalian Sering Mengalami?

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

31 komentar:

  1. Sering mengalami gan, jujur aja saya mulai aktif di blogger itu sejak tahun 2011 seandainya ditekuni mungkin udah menghasilkan karena kurang konsisten jadi aja ga maksimal he

    ReplyDelete
  2. semuanya saya pernah alamin gan :(

    ReplyDelete
  3. wajar kalo kita pernah ngerasa jenuh gan, refreshing juga penting buat seorang blogger

    ReplyDelete
  4. Waduh bener nih Kesulitan Dalam Merangkai Kata

    ReplyDelete
  5. Saya sering nih malas kaya gini, tapi alhamdullilah sekarang udah mulai berkurang

    ReplyDelete
  6. saya bgt kalo tidak bisa konsentrasi hehe, plus kekurangan kosa kata

    ReplyDelete
  7. hehehe, penyakit ane itu gan.. makasih infonya gan ... :D

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. bermanfaat gan buat saya yang suka bgeblog

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  12. Hhaa bener banget min apalagi buat merangkai kata itu jd bikin pusing kepala btw update terus artikel yang bermanfaat kyk gini ya

    ReplyDelete
  13. kalau saya kurang inspirasi nulis makanya agak malas

    ReplyDelete
  14. Wah!!!, ilmu saya bertambah, artikel nya bermanfaat seklai, maju terus gan.

    ReplyDelete
  15. Kalau saya gara-gara buntu tidak ada ide

    ReplyDelete
  16. Saya cuma satu..sulit dalam merangkai kata :(

    ReplyDelete
  17. iya bener gan terkadang, bisa dibilang sering typo saat nulis.

    ReplyDelete
  18. Oh, tetnyata saya lagi jenuh dan butuh refreshing ya. Soalnya setiap post kaya ada yang kurang.

    ReplyDelete
  19. :) yang no 1 dan 3 gua banget tuh kalau dah jenuh ya ane vakum 1 minggu, kalau udah ngeblog lagi.

    ReplyDelete
  20. Iya gan terkadang dari semua poin tersebut adalah yang paling sering dialami okeh blogger ...

    ReplyDelete
  21. kalau gak ada ide suka males nulis haha

    ReplyDelete
  22. Kalau ane biasanya klo gk ada ide sama gk mood gan hehehe...

    ReplyDelete
  23. ane sih seribg banget ngalamin hal ini. tapi alhamdulillah sudah tidak pernah lagi sekarang

    ReplyDelete
  24. untung saya selalu minum air supaya konsentrasi pas menulis selalu terjaga

    ReplyDelete
  25. menurut gue males karena kebanyakan tugas dari kampus sih~

    ReplyDelete
  26. terkadang memang sedang banyak kerjaan aja sih gan

    ReplyDelete